• Jelajahi

    Copyright © HES Media
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Bentuk Rasa Syukur Pemdes Cigelam " Ngaronjat " Gelar Hajat Bumi Ruwatan, Tampilkan Wayang Golek.

    Rabu, 18 Oktober 2023


    HESmedia.id // Pemerintahan Desa ( Pemdes ) Desa Cigelam Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta menggelar Hajat Bumi atau Ruwatan yang di alokasikan di halaman Kantor Desa, Rabu ( 19/10/2023 ) siang.


    Kegiatan berlangsung sejak pagi, tadi digelar Maulud Nabi Muhammad SAW. dilanjutkan dengan puncak acara dengan sambutan - sambutan, refleksi sejarah Desa Cigelam, pemberian Cendra Mata kepada mantan-mantan  Kepala Desa Cigelam dan pagelaran wayang golek oleh Ki Dalang A.Suparman Suganda dari Cikampek, hingga berakhir sampai sore.



    Acara tersebut tampak dihadiri oleh Camat Babakancikao Rustam, Aparat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Linmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Warga Desa Cigelam sangat antusias meskipun terik panasnya matahari.


    Dalam sambutannya Kepala Desa Cigelam Hj.Titin Siti Fatimah menurut, Tradisi Hajat Bumi ini sudah berlangsung lama setiap periode jabatan Kepala Desa, kita sebagai warga sepatutnya untuk bersyukur ke hadirat robbi atas limpahan rejeki, keselamatan serta hasil panen yang selama ini kita rasakan, selain itu Kepala Desa.



    Juga berharap kepada masyarakat agar bisa menjaga kerukunan antar sesama warga agar wilayahnya menjadi aman dan tentram, terakhir mengucapkan terima kasih banyak atas partisifasi pada kegiatan ini hingga lancar dan mudah mudahan untuk acara berikutnya lebih baik lagi. Ucap Hj.Titin


    Dalam kesempatan yang sama Camat Rustam Arifin mengapresiasi kegiatan seperti ini karena merupakan salah satu budaya masyarakat Sunda dari turun-temurun sejak nenek moyang dan terus dilestarikan.   


    Dia berharap kegiatan Hajat Bumi meningkatkan silaturahmi warga dengan Pemerintahan dapat membawa berkah bagi masyarakat. Tak hanya warga, tapi juga para penggarap hasil bumi, kata Rustam


    "Kita harus gali potensi yang ada, kita akan tingkatkan dan melakukan pembinaan agar menjadikan salah satu budaya yang menarik di wilayah Desa nya masing-masing yang ada di wilayah kecamatan Babakancikao ",papar nya.


    ( Danas )

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Berita Terbaru