• Jelajahi

    Copyright © HES Media
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    "Pecah Telur" Desa Cibukamanah Kini Berstatus Desa Mandiri

    Selasa, 28 Mei 2024


    HESmedia.id // Pelaksanaan diskusi kelompok atau dengan istilah FGD ( Focus Group Discussion ) yang di fasilitasi oleh Pemerintahan Desa Cibukamanah berjalan dengan lancar.


    Kegiatan ini bertempat di Bale Mulya Rasa jalan kampung Pangkalan Desa Cibukamanah Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta, pada hari Selasa ( 28/5/2024 ) siang.


    Diskusi tersebut dihadiri oleh Camat Cibatu Muhammad Kosim, Kapolsek Cibatu AKP. Fery Kurniawan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Kepala Desa Hj. Eni Kurniati, para RT, RW, dan tokoh masyarakat setempat.


    Dalam diskusinya menjelaskan dalam upaya mengukur status perkembangan desa atau disebut Indek Desa Membangun  ( IDM ) bahwa dalam pengukuran IDM, Desa diklasifikasikan kedalam lima status yakni Desa Sangat Tertinggal, Desa Tertinggal, Desa Berkembang, Desa Maju, dan Desa Mandiri.



    Indikator yang digunakan untuk mengukur IDM di antaranya adalah Ketahanan Sosial yang mencakup variabel kesehatan, pendidikan, modal sosial, Ketahanan Ekonomi, dan Ketahanan Lingkungan atau Ekologi.


    IDM merupakan potret hasil perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa dan Pendamping Desa.


    Pada kesempatan ini Camat Cibatu Muhammad Kosim menyampaikan bahwa pencapaian yang telah diupayakan oleh Pemerintahan Desa ( Pemdes ) Cibukamanah yang semula pada tahun 2022 Desa Berkembang, tahun 2023 Desa Maju, dan kini di tahun 2024 berstatus menjadi Desa Mandiri dengan nilai poin 0,83. Sangat apresiasi luar biasa untuk Desa Cibukamanah dan berharap Desa ini benar-benar mandiri tanpa ketergantungan Dana Desa ( DD ), se maksimal mungkin untuk mencari Pendapatan Asli Desa ( PAD ), ucapnya.


    Pencapaian yang telah diupayakan atau dengan istilah "Pecah Telur" Kepala Desa Cibukamanah Hj.Eni Kurniati,S.Pd.M.Ap. membuat dirinya terharu dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung program-program Desa sehingga Desa Cibukamanah kini menjadi Desa Mandiri.


    Kemudian berkaitan hal ini akan terus membuat program dan ini inovasi - inovasi Desa diantaranya Srikandi Ngaronda,  Pasar Budaya Desa Cibukamanah, Desa berbasis digital, Desa Wisata, Agro Wisata, kegiatan Kesehatan, dan infrastruktur jalan ditambah penerangan jalan umum akan menjadi skala prioritas pembangunan Desa Cibukamanah, termasuk penanganan masalah pupuk pertanian yang selalu di keluhkan para petani.

    Diakhir kegiatan, secara bersama-sama  Kepala Desa, Ketua BPD , Camat Cibatumenandatangani Berita Acara Penetapan Status Desa. Perlu diketahui bahwa Desa-desa yang ada di Kecamatan Cibatu yang berstatus Desa Maju yaitu Desa Wanawali, Cipancur, Cirangkong dan Desa Cikadu. Sedangkan Desa yang berstatus Desa Mandiri yakni Desa Cilandak, Cipinang, Karya Mekar, Ciparungsari, dan Desa Cibukamanah, dengan harapan ditahun-tahun yang akan datang semakin banyak jumlah Desa Mandiri yang menunjukan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa, demikian.


    ( Danas )

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Berita Terbaru